PENGARUH PEMANASAN AWAL BAHAN BAKAR TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR DIESEL DENGAN BAHAN BAKAR SOLAR DAN SOLAR DEX
Main Article Content
Abstract
Penggunaan pemanasan awal bahan bakar dapat meningkatkan kinerja mesin diesel. Pemanasan awal pada penelitian dilakukan dengan menggunakan panas heater. Parameter unjuk kerja mesin diesel meliputi: Torsi, daya, konsumsi bahan bakar, dan konsumsi bahan bakar spesifik masing-masing sebagai fungsi putaran poros. Peralatan yang digunakan dalam penelitian adalah mesin diesel empat langkah satu silinder merk Kubota kapasitas 82x82 type GA 90. Pengukuran dilakukan terhadap konsumsi bahan bakar dengan menggunakan fuel gauge, putaran poros menggunakan tachometer, waktu yang dibutuhkan untuk mengkonsumsi bahan bakar dengan stopwatch, mengukur beban yang dihasilkan dengan neraca beban dan mengukur suhu dengan thermometer. Hasil penelitian menghasilkan bahwa torsi, daya sebagai fungsi puturan poros lebih besar masing-masing 16,7% dan 14,3% dengan menggunakan pemanasan awal. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan pemanasan awal pada bahan bakar dapat meningkatkan unjuk kerja mesin diesel.
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors transfer copyright or assign exclusive rights to the publisher (including commercial rights)
References
Habibie, A.Y, dkk (2015) Analisa pengunaan alat penghemat bahan bakar electrolyzer hho
terhadap konsumsi bahan bakar akibat kerugian parasitik pada mesin diesel isuzu
panther 2300 cc, Momentum, Vol. 11, No. 1.
Imron, R. dkk (2015) Analisa unjuk kerja mesin diesel kapasitas 132cc pada prototipe cula satu
untirta, Jurnal Teknik Mesin Untirta, Vol. I, No. 1.
Sahu, R. At all (2014) Effect of Knocking in Spark Ignition in a Four-Stroke Engin, Ravikant
IJMEIT, Vol.2 Issue 1.
Suyanto, W. dkk (2015) karakterisasi bahan bakar pada motor diesel (fuel characterization on
diesel engine) Jurnal Penelitian Saintek, Vol. 20, Nomor 1.
Thulasi, V. At all (2013) study of internal flow characteristics of injector fuelled with various
blends of diethyl ether and diesel using cfd, Frontiers in Heat and Mass Transfer, vol.4
3007.
Wiranto, A. & Koichi, T. (1986) Motor Diesel Putaran Tinggi. Pradnya Pratama, Jakarta.
Wiranto, A (1988) penggerak motor bakar torak. ITB, Bandung.