ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR (STUDI KASUS RUAS JALAN MANGU-NOGOSARI, KABUPATEN BOYOLALI)
Main Article Content
Abstract
Kinerja perkerasan merupakan kondisi perkerasan yang dapat memberikan pelayanan kepada pemakai jalan selama kurun waktu perencanaan tertentu. Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Sragen. Jalan ini mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. Kerusakan yang terjadi pada ruas tersebut antara lain retak (longitudinal, edge, block cracking), pengangkatan (heave), amblas (depression), bergelombang dan berlubang (potholes). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan dan nilai kondisi perkerasan jalan. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur panjang, lebar serta luasan dari tiap kerusakan yang terjadi . Berdasarkan hasil penelitian, Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali memiliki nilai PCI rata-rata pada Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali sebesar 38,69. Ruas jalan yang termasuk dalam kategori sedang terdapat pada tiga segmen, yaitu segmen I (Sta.0+000 s.d 1+000) dengan nilai PCI 50, segmen II (Sta.1+000 s.d 2+000) dengan nilai PCI 44,67 dan segmen III (Sta.2+000 s.d 3+000) dengan nilai PCI 44,33. Segmen yang mengalami kondisi sangat buruk yaitu segmen IV (Sta.3+000 s.d 4+000) dengan nilai PCI 11 dan segmen VI (Sta. 5+000 s.d 6+000) dengan nilai PCI 17,33. Segmen yang mengalami kondisi baik yaitu segmen V (Sta. 4+000 s.d 5+000) dengan nilai PCI 64,83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali dikategorikan dalam kondisi fair (buruk).
Article Details
This work is licensed under a Jurnal Muara Sains, Teknologi, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors transfer copyright or assign exclusive rights to the publisher (including commercial rights)
References
Hardiyatmo, H. C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. UGM Press, Yogyakarta
Khairi, A. (2012) “Evaluasi Jenis dan Tingkat Kerusakan dengan Menggunakan Metode PCI”.
Prosiding Seminar Nasional Industri dan Teknologi, 26 Desember 2012, halaman 65-70
Suswandi, A. (2008). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan dengan Metode PCI untuk Menunjang
Pengambilan Keputusan. Forum Teknik Sipil Nomor XVIII/3
Bolla, M. E. (2012). Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI dalam Penilaian
Kondisi Perkerasan Jalan. Jurnal Dosen Teknik Sipil Universitas Nusa Cendana
Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.
Campan&Hall. New York
Setyowati, S. (2011). Penilaian Kondisi Perkerasan dengan Metode Pavement Condition
Index(PCI), Peningkatan Jalan dan Perhitungan Rancangan Anggaran Biaya pada Ruas
Jalan Solo-Karanganyar Km 4+400 – 11+050. Universitas Sebelas Maret, Surakarta
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Undang-Undang Republik
Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan