ANALISIS KONDISI KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN LENTUR (STUDI KASUS RUAS JALAN MANGU-NOGOSARI, KABUPATEN BOYOLALI)

Main Article Content

Agnes Pramitasari
Budi Yulianto
Niken Silmi Surjandari

Abstract

Kinerja perkerasan merupakan kondisi perkerasan yang dapat memberikan pelayanan kepada pemakai jalan selama kurun waktu perencanaan tertentu. Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali merupakan jalan penghubung antara Kabupaten Boyolali dengan Kabupaten Sragen. Jalan ini mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. Kerusakan yang terjadi pada ruas tersebut antara lain retak (longitudinal, edge, block cracking), pengangkatan (heave), amblas (depression), bergelombang dan berlubang (potholes). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kerusakan dan nilai kondisi perkerasan jalan. Penelitian ini dilakukan dengan mengukur panjang, lebar serta luasan dari tiap kerusakan yang terjadi . Berdasarkan hasil penelitian, Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali memiliki nilai PCI rata-rata pada Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali sebesar 38,69. Ruas jalan yang termasuk dalam kategori sedang terdapat pada tiga segmen, yaitu segmen I (Sta.0+000 s.d 1+000) dengan nilai PCI 50, segmen II (Sta.1+000 s.d 2+000) dengan nilai PCI 44,67 dan segmen III (Sta.2+000 s.d 3+000) dengan nilai PCI 44,33. Segmen yang mengalami kondisi sangat buruk yaitu segmen IV (Sta.3+000 s.d 4+000) dengan nilai PCI 11 dan segmen VI (Sta. 5+000 s.d 6+000) dengan nilai PCI 17,33. Segmen yang mengalami kondisi baik yaitu segmen V (Sta. 4+000 s.d 5+000) dengan nilai PCI 64,83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kondisi Ruas Jalan Mangu-Nogosari, Boyolali dikategorikan dalam kondisi fair (buruk). 

Article Details

Section
Articles

References

Hardiyatmo, H. C. (2007). Pemeliharaan Jalan Raya. UGM Press, Yogyakarta

Khairi, A. (2012) “Evaluasi Jenis dan Tingkat Kerusakan dengan Menggunakan Metode PCI”.

Prosiding Seminar Nasional Industri dan Teknologi, 26 Desember 2012, halaman 65-70

Suswandi, A. (2008). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan dengan Metode PCI untuk Menunjang

Pengambilan Keputusan. Forum Teknik Sipil Nomor XVIII/3

Bolla, M. E. (2012). Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI dalam Penilaian

Kondisi Perkerasan Jalan. Jurnal Dosen Teknik Sipil Universitas Nusa Cendana

Shahin, M. Y. (1994). Pavement Management for Airports, Roads, and Parking Lots.

Campan&Hall. New York

Setyowati, S. (2011). Penilaian Kondisi Perkerasan dengan Metode Pavement Condition

Index(PCI), Peningkatan Jalan dan Perhitungan Rancangan Anggaran Biaya pada Ruas

Jalan Solo-Karanganyar Km 4+400 – 11+050. Universitas Sebelas Maret, Surakarta

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Undang-Undang Republik

Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan