PEMANFATAAN APLIKASI MOBILE UNTUK MEMPERCEPAT PENCARIAN TEMPAT INDEKOS BERBASIS ANDROID

Hendro Gunawan, Ardi Kurniawan Hadi Saputro

Abstract


Purwokerto merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Perkembangan Purwokerto saat ini tergolong pesat, baik di bidang ekonomi dan pendidikan. Banyak tempat indekos yang disewakan di daerah Purwokerto, terutama di sekitar kampus dan area bisnis. Namun, mayoritas pemilik tempat indekos masih memasarkan tempat indekos secara manual seperti memasang tulisan ‘Terima Indekos’ didepan rumah ataupun dengan cara menyewa joki.

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini terutama di bidang smartphone, maka banyak muncul aplikasi-aplikasi yang membantu penggunanya. Untuk menjembatani kebutuhan pengguna dan penyedia indekos, maka dibutuhkan aplikasi yang dapat menampilkan informasi indekos yang ada di Purwokerto. Aplikasi yang dibangun berbasis mobile dengan sistem operasi android untuk pengguna yang ingin mencari indekos. Sedangkan untuk penyedia indekos menggunakan sistem berbasis web yang dapat melakukan update iklan indekos. Metode yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini menggunakan model Waterfall. Tahap pengujian dilakukan dengan melakukan uji produk. Uji produk dilakukan dengan menguji aplikasi menggunakan atribut reliability and durability, conformance, serviceability, apperarance dan perceived quality.

Sistem Informasi Indekos Berbasis Android Di Purwokerto dapat membantu pengguna atau pencari indekos untuk memperoleh informasi tentang indekos dengan lebih cepat, sehingga pengguna menjadi lebih efisien dalam mencari indekos sesuai dengan yang diinginkan. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.