PENGARUH USIA PERTAMA KALI MELAKUKAN HUBUNGAN SEKSUAL TERHADAP KEJADIAN KANKER SERVIKS DI RUMAH SAKIT UMUM DR. PIRNGADI MEDAN TAHUN 2017

Rhina Chairani Lubis, Fazidah Aguslina Siregar, Sri Rahayu Sanusi

Abstract


Kanker Serviks merupakan masalah yang paling sering terjadi pada sistem reproduksi wanita. Setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks, dan sekitar 8.000 kasus diantaranya berakhir dengan kematian. Jumlah penderita kanker diperkirakan terus meningkat dari tahun ke tahun dengan perkiraan mencapai 12 juta jiwa pada tahun 2030. Setiap tahun, terdapat 6,25 juta orang baru yang menderita kanker. Untuk penyakit kanker serviks di dunia, diperhitungkan terjadi lebih dari 30 per 100.000 penduduk.

 Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh usia pertema kali melakukan hubungan seksual terhadap  kejadian kanker serviks pada wanita di RSUD. Dr. Pirngadi Kota Medan Tahun 2017.

Penelitian bersifat case kontrol study. Kasus  ini diambil dari penderita kanker serviks dan kontrol bukan penderita kanker serviks di Poli Obygn RSUD Dr. Pirngadi Medan. Jumalh sampel pada kasus dan pada kontrol 58. Analisis data yang digunakan dengan Simple Logistic Regression.

Hasil menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan anatara usia pertama kali melakukan hubungan seksual (p=0,002; OR 3,359; 95% CI 1,566-7,203 ) terhadap kejadian kanker serviks. Disimpulkan bahwa wanita yang  pertama kali melakukan hubungan seksual<20 tahun perkiraan risikonya 3,3 kali akan menderita kanker serviks di bandingkan dengan wanita yang melakukan hubungan seksual>20 tahun.


Full Text:

PDF

References


Dharmayanti, 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kanker Serviks di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Stikes Hangtuah Pekanbaru.

Andrijono. (2016). Kanker Serviks (Edisi 5). Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

Kemenkes RI, 2015. Situasi Penyakit Kanker. Buletin Jendela Data & Informasi Kesehatan, Semester 1, 2015. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, Jakarta.

Rasjidi, I., 2014. Manual Prakanker Serviks, edisi 1, Sagung Seto, Jakarta.

Sastroasmoro, Sudigdo., Ismael Sofyan, 2014. Dasar Dasar Metodologi Penelitian Klinis Edisi 2 Revisi. Sagung Seto, Jakarta.

Umri. S. 2013. Hubungan Usia Pertama Kali Melakukan Hubungan Seks Dengan Kejaidan Kanker Serviks Di Rumah Sakit Pusat Haji Adam Malik Medan.

WHO, 2013. Comprehensive Cervical Cancer Control A Guide to Essential Practice. World Health Organization, Geneva.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.