GAMBARAN WORK ENGAGEMENT PADA KARYAWAN DI PT EG (MANUFACTURING INDUSTRY)

Main Article Content

Rian Pri
Zamralita Zamralita

Abstract

PT EG adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufacturing. Saat ini PT EG telah menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Keberhasilan PT EG tentunya tidak terlepas dari karyawan sebagai mitra kerja yang terbukti telah memiliki kontribusi besar dalam setiap kegiatan untuk kelangsungan PT. EG. Dalam melaksanakan tugasnya, karyawan di PT EG menunjukkan antusiasme dan bersedia mengaplikasikan energi yang dimiliki untuk menyelesaikan tuntutan kerja yang diberikan, tidak sedikit pula karyawan yang merasa bangga terhadap pekerjaannya. Kondisi ini menunjukkan adanya work engagement yang dimiliki antara karyawan. Work engagement didefinisikan sebagai keadaan dimana seseorang mampu berkomitmen dengan organisasi baik secara emosional maupun intelektual. Dengan demikian peneliti memutuskan untuk melakukan studi tentang work engagement pada karyawan di PT EG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaf non experimental dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui kuesioner work engagement yang diadaptasi dari Utrech Work Engagement Scale (UWES) yang berisi 17 butir pernyataan (Schaufeli dan Bakker, 2004). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat work engagement di antara karyawan di PT EG tergolong tinggi (M=5.57). Berikut adalah nilai rata-rata dimensi work engagement, vigour (M = 5,676), dedication (M = 5,715), absorption (M = 5,36). Hal ini menunjukkan bahwa semua karyawan memiliki work engagement yang tinggi, yang berarti mereka bisa mencapai tujuan mereka, sehingga dapat memberi dampak pada keberhasilan PT. EG.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Rian Pri, Fakultas Psikologi, Universitas Tarumanagara

Student Magister of Psychology Universitas Tarumanagara

References

Field, L. K., & Buitendach, J. H. (2011). Happiness, work engagement and organisational commitment of support staff at a tertiary education institution in South Africa. South African Journal of Industrial Psychology, 37, 68–77.

Gravetter, F. J., & Forzano, L. A. (2009). Research methods for the behavioral sciences (3rd ed.). Canada: Wadsworth Cengage Learning.

Kumar, R. (2005). Research methodology: A step by step guide for beginners (2nd ed.). London: Sage Publication.

Lockwood, N.R. (2007). Leveraging employee engagement for competitive advantage: HR’s strategic role (SHRM Research Quarterly Report). Alexandria, VA: Society for Human Resource Management.

Robinson, D. Perryman S. & Hayday, S. (2004). The Drivers of Employee Engagement. Institute for Employment Studies.

Saks, A.M. (2006). Antecedents and consequences of work engagement. Journal of Managerial Psychology, 21, 600–619. http://dx.doi. org/10.1108/02683940610690169

Schaufeli, W.B. & Bakker, A.B. (2004). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement: A multi-sample study. Journal of Organizational Behavior, 25, 293-315.