PENGUJIAN CONFIRMATORY FACTOR ANAYSIS ALAT UKUR UWESSS VERSI INDONESIA

Main Article Content

Santi Yudhistira Yudhistira
Sri Tiatri
Heni Mularsih

Abstract

Penelitian ini merupakan pengujian confirmatory factor analysis alat ukur academic engagement yaitu Utrecht Work Engagement Scale Student Survey (UWES-SS) 17 ke dalam versi Indonesia. Academic engagement merupakan sikap positif dan fulfilling dalam pekerjaan yang kaitan dengan pikiran mahasiswa yang dikarakteristikan oleh vigor, dedication, dan absorption. Data diambil pada 164 orang mahasiswa Fakultas Psikologi disalah satu universitas negeri di Tangerang Selatan dengan sampel acak. Academic engagement merupakan materi pengembangan dari work engagement yang telah diadaptasi ke dalam berbagai bahasa dari berbagai negara dan diukur dengan grup sample yang berbeda pula. Proses adaptasi dan pengembangan alat ukur UWES-SS 17 terdiri dari tahapan: 1) translation, 2) back translation, 3) adaptasi bahasa sesuai dengan kesesuaian bahasa Indonesia yang baik dan benar, 4) face validity, 5) content validity, 6) pengumpulan data, 7) pengolahan data berupa Uji Model CFA dengan menggunakan software M-Plus 7, dan 8) melakukan analisis data. Berdasarkan uji CFA model I (first order) didapatkan hasil vigor (P.value 0.2728, CFI 0.993, TLI 0.985, RMSEA 0.039), dedication (P.value 0.7781, CFI 1.000, TLI 1.014 RMSEA 0.000), absorption (P.value 0.9216, CFI 1.000, TLI 1.057, RMSEA 0.000) dan hasil uji model 2 (second order) terhadap alat ukur UWES-SS 17. Kedua model dan ketiga dimensi dikatakan fit dan bekerja sesuai dengan teori academic engagement. maka didapatkan hasil P.value 0.0737, CFI 0.982, TLI 0.977, RMSEA 0.035. Berdasarkan hasil uji CFA tersebut dapat disimpulkan bahwa dari 17 butir pernyataan yang diajukan kepada partisipan, maka 16 butir dinyatakan signifikan, dan satu butir yang tidak signifikan. Dengan demikian, UWES-SS merupakan alat ukur yang representatif dan efisien untuk mengukur academic engagement pada kalangan mahasiswa.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Santi Yudhistira Yudhistira, Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta

Mahasiswa Program Studi Magister Psikologi Universitas Tarumanagara

Sri Tiatri, Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta

Dosen dan Wakil Dekan I

Fakultasi Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta

Heni Mularsih, Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

References

Alarcon, G. M., Edwards, J. M., and Menke, L. E. (2011). Student burnout and engagement: A test of the conversation of resources theory. The Journal of Psychology, 145 (3), pp. 211- 227.

Alrashidi, O., Phan, H. P., and Ngu, B. H. (2016). Academic engagement: An overview of its definitions, dimensions, and major conceptualisations. International Education Studies, 9 (2).

Aslamawati,Y., Enoch., dan Halimi, A. (2015). Hubungan college engagement dengan prestasi akademik mahasiswa muslim di bandung. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (1), pp. 25-31.

Balducci, C., Fraccaroli, F., and Schaufeli, W. B. (2010). Psychometric properties of the italian version of the Utrecht work engagement scale (UWES-9) a cross-cultural analysis. European Journal of Psychological Assessment, 26 (2), pp. 143-149.

Brown, T. A. (2006). Confirmatory factor analysis for applied research. New York, NY: The Guilford Press

Ouweneel, E., Blanc, P. M. L., and Schaufeli, W. B. (2014). On being grateful and kind: result of two randomized controlled trials on study-related emotions and academic engagement. The Journal of Psychology, 148 (1), pp. 37-60.

Ouweneel, E., Schaufeli, W. B., & Blanc, P. M. L. (2013). Believe, and you will achieve: changes over time in self-efficacy, engagement, and performance. Applied psychology: health and well-being, 5(2), pp. 225-247.

Salanova, M., Schaufeli, W. B., Martínez, I., & Bresó, E. (2010). How obstacles and facilitators predict academic performance: the mediating role of study burnout and engagement. Anxiety, Stress, & Coping, 23, pp. 53-70.

Salmela-Aro, K., and Upadyaya, K. (2014). School burnout and engagement in the context of demands-resources model. British Journal of Educational Psychology, 84, pp. 137-151.

Sari, N. I. dan Trijoyo, J. D. (2011). Confirmatory factor analysis untuk mengukur unidimensional indikator performa pengelolaan lingkungan hidup dalam survei publik otonomi award jawa pos institute of pro otonomi tahun 2011. Jurnal Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). 1(1). pp. 93-94.

Schaufeli, W. B., Martinez, I.M., Pinto, A. M., Salanova, M., and Bakker, A. B. (2002). Burnout and engagement in university student: a cross-national study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33, pp. 464-481.

Schaufeli, W. B., Salanova, M., Roma, V. G., and Bakker, A. B. (2001). The measurement of engagement and burnout: a two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness Studies, 3, pp. 71-92.

Seppala, P., Mauno, S., Feldt, T., Hakanen, J., Kinnumen, U., Tolvanen, A., and Schaufeli, W. B. (2009). The construct validity of the Utrecht work engagement scale: multiple and longitudinal evidence. Journal Happiness Study, 10, pp. 458-481.

Shih, S. S. (2012). An examination of academic burnout versus work engagement among Taiwanese adolescents. The Journal of Educational Research, 105, pp. 286-298

Soini, H.T., & Salmela-Aro, K. (2013). Schoolwork engagement and burnout among finnish high school student and young adults: profiles, progression, and educational outcomes. Developmental Psychology, 50 (3), pp. 649-662.

Stoeber, J., Childs, J. H., Hayward, J. A., and Feast, A. R. (2011). Passion and motivation for studying: predicting academic engagement and burnout in university students. Educational psychology, 31 (4), pp. 513-528.

Titien. (2016). Penyusunan dan pengembangan alat ukur employee engagement. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1 (1), pp. 113-130

Wijanto, S. H. (2008). Structural equation model. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Zhang, S., Shi, R., Yun, L., Li, X., Wang, Y., He, H., and Miao, D. (2014). Self-regulation and study-related health outcomes: a structural equation model of regulatory mode orientation,

academic burnout and engagement among university students. Social Research.