EFEKTIFITAS CHILD CENTERED PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN JOINT ATTENTION PADA ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER

Maria Novitawati, Ediasri Toto Admodiwirjo, Debora Basaria

Abstract


Anak Autism Spectrum Disorder (ASD) kesulitan mengembangkan dan menumbuhkan kemampuan sosial dan emosi dalam pola yang sama dengan perkembangan anak seusianya. Anak ASD seringkali memiliki kesulitan untuk menginisiasi sebuah permainan dan secara umum tidak menyukai interaksi sosial timbal balik. Defisit joint attention merupakan core yang ditampilkan oleh anak ASD dalam kriteria DSM 4 (APA,1994). Child Centered Play Therapy (CCPT) adalah terapi yang memiliki salah satu area tujuannya yaitu joint attention. Penelitian sebelumnya menyebutkan, CCPT dapat efektif untuk meningkatkan kemampuan joint attention sehingga meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial bagi anak dengan ASD. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas CCPT untuk meningkatkan kemampuan Joint Attention pada anak ASD sehingga mampu merespon dan terlibat dalam lingkungan sosial. Desain penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan single case-experiment pre-testpost-test design dengan mengukur skor kemampuan joint attention meliputi kemampuan inisiative joint attention (IJA) dan kemampuan response joint attention (RJA) pada anak ASD dengan usia tiga tahun saat sebelum dan sesudah diberikan CCPT. CCPT diberikan sebanyak dua puluh sesi terapi selama empat minggu. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa Child Centered Play Therapy (CCPT) dapat meningkatkan inisiative joint attention (IJA) dengan perbandingan skor pada post-test lebih tinggi (77,56) dibandingankan dengan pre-test (38,12).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.