HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN PRESTASI AKADEMIK DENGAN JOB PERFORMANCE PADA MAHASISWA AKTIF ORGANISASI KEMAHASISWAAN

Main Article Content

Talissa Carmelia
Sri Tiatri
Erik Wijaya

Abstract

Kecerdasan emosional adalah kemampuan menerapkan daya dan kepekaan emosi. Prestasi akademik adalah hasil proses belajar. Job performance adalah penilaian dan evaluasi tugas. Belum ada penelitian mengenai hubungan antara kecerdasan emosi, prestasi akademik, dan job performance pada konteks organisasi kemahasiswaan di Indonesia sehingga tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan ketiga variabel di organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini melibatkan 284 mahasiswa yang terlibat di organisasi kemahasiswaan (DPM dan BEM). Hasil penelitian ini menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan job performance ditinjau dari diri sendiri (r=0,338, p=0,013) tetapi tidak ada hubungan ditinjau dari rekan kerja (r = 0,080, p = 0,177), maupun dari ketua (r= -0,108, p= 0,069). Kedua, ada hubungan antara prestasi akademik dengan job performance ditinjau dari ketua organisasi kemahasiswaan (r = 0,147; p= 0,00), tetapi tidak ada hubungan jika ditinjau dari diri sendiri (r= -0,013, p = 0,830), maupun rekan kerja (r= 0,056, p= 0,352). Ketiga, tidak terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan prestasi akademik pada mahasiswa yang terlibat di organisasi kemahasiswaan (r= -0,13, p= 0,83).

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Talissa Carmelia, Universitas Tarumanagara

Jurusan Psikologi

Sri Tiatri, Universitas Tarumanagara

Jurusan Psikologi

Erik Wijaya, Universitas Tarumanagara

Jurusan Psikologi

References

Agustian, A.G. (2001). Rahasia sukses membangun kecerdasan emosi dan spiritual ESQ.

Jakarta: Arga.

Chaplin, J.P. (2008). Kamus Psikologi Lengkap. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Chi, H. K., Tsai, H. P., & Chang, P. F. (2007). Investigating the relationship among leadership

styles, emotional intelligence and organized commitment on job performance: A study of

salespeople in Thailand. The Journal of Human Resource an Adult Learning. 3(2). 199-

Chien Farh, C.I.C., Seo, M.G., & Tesluk, P. E. (2012), Emotional intelligence, teamwork

effectiveness, and job performance: The moderating role of job context. Journal of

Applied Psychology. 97 (4). 890–900.

Côté, S., & Miners, C. T. H. (2006). Emotional Intelligence, Cognitive Intelligence, and Job

Performance. Administrative Science Quarterly, 51(1), 1-28.

Dyer, E. D. (1987). Can university success and first-year job performance be predicted from

academic achievement, vocational interest, personality and biographical measures?

Psychological Reports, 61(2), 655-671. doi:10.2466/pr0.1987.61.2.655

Goleman, D. (1998). Working with emotional intelligence. New York: Bantam Books

Ikatan Besar Mahasiswa Tarumanagara. (2014). Keputusan Majelis Permusyawaratan

mahasiswa Universitas Tarumanagara Nomor: 001 Tahun 2014 tentang petunjuk

pelaksanaan struktur organisasi mahasiswa di Universitas Tarumanagara. Jakarta.

Iskandar, D. Ambarita, A., & Sowiyah, S. (2014) Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi

berprestasi terhadap kinerja guru. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan 2(3)

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia NOMOR 155/U/1998.

(1998). Pedoman umum organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan.

Lee, D. M. S. (1988). Academic achievement, task characteristics, and first job performance of

young engineers. In R. Katz (Ed.), Managing professionals in innovative organizations: A

collection of readings (pp. 49-61). New York: Ballinger/Harper & Row. (Reprinted from

"IEEE Transactions on Engineering Management," Vol. EM-33, No. 3, pp. 127-133,

August 1986)

Maria, M. (2015). Kecerdasan emosional dan pencapaian prestasi akademik mahasiswa di

jurusan akuntansi politeknik negeri sriwijaya. Jurnal Wahana Ekonomika.

Nowack, K. (2011). Leadership, emotional intelligence and employee engagement: Creating a

psychology healthy workplace. Envisia Learning.

Rothmann, S. & Coetzser, E.P. (2003). The big five personality dimensions and job

performance. Journal of industrial psychology, 29(1), 68-74.

Shipley, N.L., Jackson, M.J. & Segrest.S.L. (2010). The effects of emotional intelligence, age,

work experience, and academic performance. Research in Highest Education Journal.

Sonnentag, S. & Frese, M. (2002). Performance concepts and performance theory. Psychological

management of individual performance.

Suryabrata, S. (1998) Psikologi pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sy, T., Tram, S., & O'Hara, L. A. (2006). Relation of employee and manager emotional

intelligence to job satisfaction and performance. Journal of Vocational Behavior, 68(3),

-473. doi:10.1016/j.jvb.2005.10.003

Tangkilisan, H.N.S. (2007). Manajemen publik. Jakarta : PT. Grasindo

Van Rooy, D.L. & Viswesvaran, C. (2004). Emotional intelligence: A meta-analytic

investigation of predictive validity and nomological net. Journal of Vocational Behavior,

(1),71-95.

Yazidulfalach, A. (2012). Dampak kesertaan mahasiswa pada lembaga kemahasiswaan terhadap

prestasi akademik (studi kasus mahasiswa jurusan akuntansi S1 Fakultas ekonomi dan

bisnis Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah mahasiswa, 2(1).

Wati,L.E., Yusmansyah,Y., & Widiastuti,R. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional

dengan prestasi belajar. Jurnal ALBKIN.(.3( 3).