HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-EFFICACY DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA X KOTA PALANGKA RAYA

Main Article Content

Wagetama I Disai
Agoes Dariyo
Debora Basaria

Abstract

Richardson dan Suinn (dalam Mahmood & Khatoon, 2011) mengatakan bahwa kecemasan Matematika adalah perasaan tegang dan cemas yang menggangu dan bisa menghambat kemampuan mental aritmetika dalam kehidupan sehari-hari. Bandura (dalam Feist & Feist, 2013) mendefinisikan self-efficacy sebagai keyakinan diri seseorang pada kemampuannya untuk melakukan kontrol terhadap peristiwa yang sedang mereka hadapi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecemasan Matematika dan self-efficacy dengan hasil belajar Matematika siswa SMA X di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Peneliti menyertakan 467 siswa yang berasal dari kelas X, XI, dan XII menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dengan menggunakan kuesioner kecemasan Matematika, dan kuesioner self-efficacy serta data hasil belajar Matematika berdasarkan nilai rapot siswa. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik spearman correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan signifikan negatif antara kecemasan Matematika dan hasil belajar Matematika siswa SMA (r = -0,196 dan p = 0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan positif antara self-efficacy dengan hasil belajar Matematika siswa SMA (r = 0,210 dan p = 0,000 < 0,05).

Article Details

Section
Articles

References

Ali, F. R. U. (2013, Desember). Siswa Indonesia peringkat 64 dari 65 negara, tapi

paling bahagia di Dunia. Kompasiana. Diunduh dari

http://www.kompasiana.com/www.febrialdiali.blogspot.com/siswa-indonesia-

peringkat-64-dari-65-negara-tapi-paling-bahagia-di-

dunia_552b89306ea83485098b4595

American Psychiatric Association. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Mental

Disorders (4th ed., text rev.). DOI:10.1176/appi.books.9780890423349.

Andiny, L. (2008). Perbedaan self-efficacy. Jakarta: FPSI UI.

Bandura, Albert. (1997). Self Efficacy : The Exercise Of Control. New York : W.H.

Freeman and Company.

Baron, R. A. & Branscombe, N. R. (2014). Social psyhcology (13th ed.). USA: Pearson.

Feist, J. & Feist, J. G. (2013). Theories of personality (8th ed.). Singapore: McGraw-

Hill.

Ghufron, M. N. & Suminta, R. R. (2013, Juni). Efikasi diri dan hasil belajar

matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi. 21(1). 20-30. Diunduh dari

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=

rja&uact=8&ved=0ahUKEwj8zfDL1arPAhXBvI8KHa5qCvYQFggnMAE&url

=https%3A%2F%2Fjurnal.ugm.ac.id%2Fbuletinpsikologi%2Farticle%2Fdownl

oad%2F9843%2F7411&usg=AFQjCNEe6s_tvc1ry9VJeT4fywHpDAzjWg&sig

=Mmh3inX0wOZ9FeGs4zgPew&bvm=bv.133700528,d.c2I

Hong, A. L. (2012). Pengaruh pelatihan metode gasing untuk meningkatkan self-

efficacy, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika pada siswa SD. Tesis.

Jakarta: Universitas Tarumanagara

Ibrahim. (2008). Pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan

pemecahan masalah matematis siswa Sekolah Menengah Atas. Semnas

Matematika dan Pendidikan Matematika. 90-100. Diunduh dari

http://eprints.uny.ac.id/6908/1/P-7%20Pendidikan%20(Ibrahim).pdf

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Laporan hasil ujian nasional tahun

Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Khaeriyah, Y. (2003). Hubungan antara kecemasan dan minat belajar matematika

dengan prestasi belajar matematika. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah

Mada. Diunduh dari

http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=Penelitia

nDetail&act=view&typ=html&buku_id=21536&obyek_id=4

King, L. A. (2013). The science of psychology: A appreciative view (2nd ed.). New

York: McGraw-Hill.

Mahmood, S. & Khatoon, T. (2011). Development and Validation of the Mathematics

Anxiety Scale for Secondary and Senior Secondary School Students. British

Journal of Arts and Social Sciences, 2(2), 169-179. Retrieved from

http://www.bjournal.co.uk/paper/BJASS_2_2/BJASS_02_02_07.pdf

Morada, M. H. D. (2015, December). Correlation of numerical anxiety and mathematics

performance. Asia Pasific Journal of Multidisciplinary Research, 3(5), 45-43.

Retrieved from http://www.apjmr.com/wp-content/uploads/2016/04/APJMR-

-3.5.3.06.pdf

Mukhid, A. (2009). Self-Efficacy: Persepektif teori kognitif sosial dan implikasinya

terhadap pendidikan. Tadrîs. 4(1). 105-122. Diunduh dari

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=

rja&uact=8&ved=0ahUKEwjm7prU0qrPAhXDo48KHaEqAfUQFggzMAI&url

=http%3A%2F%2Fejournal.stainpamekasan.ac.id%2Findex.php%2Ftadris%2Fa

rticle%2Fview%2F247%2F238&usg=AFQjCNF0H7cgobqQFllCOgcCmboeufG

hJQ&sig2=J--kIwVU--3lvZNnB6sFiA

Mutawah, M. A. A. (2015, October). The influence of mathematics anxiety in middle

and high school students math achievement. International Educational Studies.

(11). 239-252. Retrieved from http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1082131.pdf

Omrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan: Membantu siswa tumbuh dan berkembang.

Jakarta: Erlangga.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. (2006). Lampiran peraturan Menteri

Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2005. Diunduh dari

http://dokumen.tips/documents/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-

isi.html

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rounds, J. & Hendel, D. (1980). Measurement and dimensionality of mathematics

anxiety. Journal of Counseling Psychology, 27, 138-149.

Seng, E. L. K. (2015, October). The influence of pre-university students’s mathematics

test anxiety and numerical anxiety on mathematics achievements. International

Education Studies, 8 (11). Doi 10.5539/ies.v8n11p162

Solikah, M. (2012). Pengaruh kecemasan siswa pada matematika dan motivasi belajar

terhadap prestasi belajar matematika. eJournal UNNESA. 1(1). 1-8. Diunduh

dari http://ejournal.unesa.ac.id./index.php/mathedunesa/article/view/251/406

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suinn, R. M. & Winston, E. H. (2003). The mathematics anxiety reting scale, a brief

version: psychometric data. Psychological Reports, 92, 167-173.

Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat ilmu: Sebuah pengantar populer. Jakarta: Pustaka

Sinar Harapan.

Syah, M. (2007). Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Wicaksono, A. B. & Saufi, M. (2013, November). Mengelola kecemasan siswa dalam

pembelajaran matematika. Prosiding. Diunduh dari

http://eprints.uny.ac.id/10735/1/P%20-%2012.pdf

Zakaria, E. & Nordin, N. M. (2008). The effects of mathematics anxiety on

matriculation students as related to motivation and achievement. Eurasia

Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 4(1), 27-30.

Diunduh dari http://www.ejmste.com/v4n1/Eurasia_v4n1_Zakaria_Nordin.pdf