Perspektif Praktisi Televisi Indonesia terhadap Konvergensi Televisi dan Internet dalam Persaingan Penyajian Informasi di Internet

Main Article Content

Muhammad Adi Pribadi
Muhammad Gafar Yoedtadi
Kurniawan Hari Siswoko

Abstract

Masyarakat Indonesia mulai menggunakan internet untuk mencari informasi. Jumlah pengguna internet terus bertambah dari tahun ke tahun. Biaya internet dan teknologi komunikasi memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi. Beberapa stasiun televisi di Indonesia melihat perubahan perilaku pemirsanya yang mulai mencari berita di Internet. Jumlah penyedia informasi melalui internet semakin banyak. Perubahan pola pencarian berita oleh pemirsa televisi dan persaingan dengan penyedia informasi di internet menyebabkan terjadinya konvergensi televisi dan internet pada tiga stasiun televisi di Indonesia. Ke tiga stasiun televisi tidak hanya menyediakan informasi melalui saluran televisi saja tetapi mereka juga menyediakan informasi melalui internet. Informasi yang cepat dan akurasi yang bisa dipertanggung jawabkan oleh stasiun televisi memberi keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Perubahan ini memberikan keuntungan bagi stasiun televisi karena perubahan ini menjadi penambah pendapatan bagi stasiun televisi. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode fenomenologi. Dengan teknik ini, peneliti mengumpulkan dan menganalisis data yang diperoleh dari tiga jurnalis pada tiga stasiun televisi nasional yang masuk dalam kategori 10 besar menurut AC NIELSEN.

Kata kunci: televisi, konvergensi, internet

Article Details

Section
Articles

References

Fish, Adam Richard. (2012). Reforming the American Public Sphere: The Media Reform Models of progressive Television Journalist in the Era of Internet Convergence and Neoliberalism. University of California. Los Angeles. Diunduh dari search.proquest.com, pada tanggal 4 Februari 2016

Hill, Charles WL., Jones, Gareth R., Galvin, Peter. (2004). Strategic Management: An Integrated Approach. Jon Wiley & Sons Australia Ltd. Singapore

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. Pearson. USA

Kovach, Bill., Rosentiel, Tim. (2006). Sembilan Element Jurnalisme. Pantau.

Kuswarno, Engkus. (2013). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi,

Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Widya Padjadjaran.

Noor, Henry Faizal. (2010). Ekonomi Media. RAJAWALI PERS. Jakarta

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. (2015). Indonesia Media Guide 2015.

Percy, Larry., Rossiter, John R., Elliot, Richard. (2004). Strategic Advertising

Management.Oxford University Press. USA

Percy, Larry., Elliot, Richard. (2012). Strategic Advertisng Management. Oxford University

Press. USA

Porter, Michael E. (1994). Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja

yang Unggul. Bina Rupa Aksara. Jakarta Barat

PT. FORTUNE INDONESIA TBK. (2014). Film Dokumenter HAJAR: Opportunity from

Challenge. SEMBILAN MATAHARI DAN FORTUNE INDONESIA. Diunduh dari

PT. FORTUNE INDONESIA TBK. (2014). Film Dokumenter HAJAR: Opportunity from

Challenge. SEMBILAN MATAHARI DAN FORTUNE INDONESIA. Diunduh dari