Pengaruh Urutan Kelahiran pada Kecemasan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi X Jakarta

Main Article Content

Untung Subroto
Monty P.Satiadarma
Linda Wati

Abstract

Adler mengatakan kepribadian juga dapat ditentukan dengan melihat urutan kelahiran. Setiap anak memiliki kecemasan yang ditimbulkan karena urutan kelahiran tersebut. Terdapat 2 jenis kecemasan yang sering dipakai state dan trait anxiety. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kecemasan berdasarkan urutan kelahiran, dan melihat masalah anak berdasarkan perannya sebagai anak tertua, tengah, bungsu atau tunggal. Penelitain ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif pada 100 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi X Jakarta. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa secara umum baik untuk dimensi stait dan trait semua partisipan memiliki kecemasan yang rendah. Berdasarka dimensi state, anak tunggal memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi dibandingkan anak dengan urutan lahir lainnya (M=2.27, SD=0.66). Kemudian tingkat kecemasan tertinggi kedua adalah anak sulung (M=2.14, SD=0.51). lalu anak tengah (M=2.10, SD=0.52), dan yang terakhir adalah anak bungsu (M=2.04, SD=0.42). Hal ini dapat diartikan bahwa anak tunggal memiliki kecenderungan akan kecemasan yang lebih tinggi secara subyektif dibandingkan dengan anak anak  tengah, sulung dan bungsu. Berdasarkan analisis, data juga ditemukan bahwa pada dimensi trait, anak tengah dan anak bungsu memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi dibandingkan dengan anak sulung dan anak tunggal. Anak tengah memiliki skor mean 2.31 dengan standar deviasi sebesar 0. 49. Anak bungsu memiliki skor mean 2.31 dengan standar deviasi sebesar 0.41. Sedangkan skor mean pada anak sulung adalah 2.30 dengan standar deviasi sebesar 0.36 dan anak tunggal memiliki skor mean 2.26 dengan standar deviasi sebesar 0.59. Hal ini dapat diartikan bahwa anak tengah dan bungsu memiliki kecenderungan memiiliki kecemasan yang sifatnya relatif menetap dan penghayatan kecemasannya cenderung sebagai sifat dari kepribadian.

Kata kunci: kecemasan, state, trait, urutan kelahiran.

Article Details

Section
Articles

References

Auliani, R. (2010). Hubungan antara tipe kecemasan dengan prestasi belajar statistik mahasiswa fakultas psikologi UIN Jakarta. Jakarta : Skripsi (tidak diterbitkan)

Feist, J. & Feist, G, J. (2009). Theories of personality (7th ed.). New York: McGraw-Hill. Jalaludin, D. (2015). Motif adik tega bunuh kakak kandungnya di Purwakarta terbongkar. News.okezone.com. Diambil dari : http://news.okezone.com/read/2015/03/08/340/1115428

/motif-adik-tega-bunuh-kakak-kandungnya-di-purwakarta-terbongkar.

Lalita, T. V. (2014). Hubungan antara self-efficacy dengan kecemasan pada remaja yang putus

sekolah. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. 3 (2), 60-66.

Mu’arifah, A. (2005). Hubungan kecemasan dengan agresifitas. Humanitas: Indonesian

Psychological Journal. 2 (2). 102-111.

Nolen, S. Hoeksema (2014). Abnormal psychology (6th ed). New York: McGraw-Hill.