Gambaran Kecerdasan dan Minat Remaja Panti Asuhan X

Linda Wati, Monty P.Satiadarma, Untung Subroto

Abstract


Pendidikan bagi seseorang yang tinggal di panti asuhan menjadi hal yang penting demi masa depannya agar mampu bertahan dan menyesuaikan diri dalam lingkungan sosial. Individu yang tinggal di panti asuhan diharapkan dapat diasuh dan dididik dengan keterampilan tertentu agar mereka dapat berprestasi dan bekerja di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran kecerdasan dan minat remaja Panti Asuhan X di mana hasil yang diperoleh dapat menjadi informasri kepada pengurus panti dalam mengoptimalkan kemampuan anak sesuai dengan kapasitas kecerdasan dan minat mereka. Pengambilan data kecerdasan diperoleh dengan menggunakan tes dan minat diperoleh dengan menggunakan tes Cattell’s Culture Fair Intelligence Test (CFIT). Data minat diperoleh dengan menggunakan tes minat Holland. Jumlah subyek penelitian ini adalah 125 remaja usia 13 – 17 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 125 subyek, ada 6 (4,8%) subyek yang memiliki taraf kecerdasan di atas rata-rata,  64 (51,2 %) remaja yang memiliki taraf kecerdasan rata-rata, 34 (27%) remaja dengan taraf kecerdasan di bawah rata-rata, dan 21 (16,8%) remaja dengan taraf borderline. Selain itu, berdasarkan tes minat, minat yang paling dominan adalah minat Artistik/seni yaitu sebanyak 29 subyek (23,2%) dan minat yang paling sedikit disukai adalah minat Realistik sebanyak 8 subyek (6,4%).

Kata kunci: Kecerdasan, IQ, minat, remaja, panti asuhan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.