Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Self-Efficacy dan Mathematic Anxiety Siswa SMP di Depok

Main Article Content

Mia Anggraeni
Riana Sahrani
Rahmah Hastuti

Abstract

Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat. Penelitian yang dilakukan oleh TIMSS dan PISA menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa Indonesia usia 15 tahun tergolong masih rendah jika dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa lain di dunia. Beberapa faktor yang memengaruhi prestasi belajar matematika ini diantaranya adalah self-efficacy dan mathematic anxiety. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan prestasi belajar matematika ditinjau dari self-efficacy dan mathematic anxiety. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif non-experimental dengan menggunakan teknik dan analisis Mann-Whitney. Partisipan penelitian ini adalah siswa SMP dari tiga sekolah yang ada di Depok sebanyak 385 orang. Teknik pengambilan sampel dengan purpossive sampling. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Oktober 2016. Instrumen penelitian berupa kuesioner self-efficacy dan mathematic anxiety dengan skala Likert serta data sekunder prestasi belajar matematika siswa berupa nilai rapor terakhir. Hasil penelitian pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan (Z = -2,791 dan p = 0.005 < 0,05)  bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematikaditinjau dari self-efficacy (self-efficacy rendah dan tinggi). Hasil penelitian juga menunjukkan (Z = -2,695 dan p sebesar 0.007 < 0,05) bahwa ada perbedaan prestasi belajar matematikaditinjau dari mathematic anxiety (mathematic anxiety rendah dan tinggi). Hasil penelitian ini dapat memprediksikan prestasi belajar matematikasiswaberdasarkan self-efficacy dan mathematic anxiety yang dimiliki oleh siswa tersebut.

Kata kunci: self-efficacy, mathematic anxiety, prestasi belajar matematika, matematika

Article Details

Section
Articles

References

Anjum, R. (2006). The impact of self-efficacy on mathematics achievement of primary school children. Pakistan Journal of Psychological Research, 21(3-4), 61-78.

Ayotola, A. & Adedeji, T. (2009). Therelationship between mathematics self efficacy and achievement in mathematics. Procedia Social and Behavioral Sciences.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press.Goulau, M.D.F. (2014). The relationship between self-efficacy and academic achievement in adults’ learners. Athens Journal of Education, 1(3), 237-246.

Kitsantas, A., Cheema, J., & Ware,H. W. (2011). Mathematics achievement: The role of homework and self-efficacy beliefs. Journal of Advanced Academics, 22(2), 310-339.

Li, L.K.Y. (2012). A study of the attitude, self-efficacy, effort and academic achievement of cityu students towards research methods and statistics. SS-Student E-Journal, 1, 154-183.

Liu, X. & Koirala, H. (2009). The effect of mathematics self-efficacy on mathematics achievement of high school students. Northeastern Educational Research Association.

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. (2011). TIMSS 2011: International results in mathematics. Lynch School of Education: TIMSS & PIRLS International Study Center.

OECD. (2014). PISA 2012 results in focus: what 15-years old know and what they can do with what they know. Canada: OECD.

Ozcan, A.Y. & Brewer, S. (2011). Adaptation of mathematics anxiety rating scale-revised (mars- r) for adult online students. 27th Annual Conference on Distance Teaching and Learning.

Pajares, F., & Miller, M.D. (1994). Role of self-efficacy and self-concept beliefs in mathematical problem solving: a path analysis. Journal of Educational Psychology, 86(2), 193-203.

Sartawi, A. A., Alsawaie, O. N., Dodeen, H., Tibi, S., & Alghazo, I. M. (2012). Prediction mathematics achievement by motivation and self efficacy across gender and achievement levels. Interdisiplinary Journal of Teaching and Learning, 2(2), 59-77.

Sherman, B. F. & Wither, D. P. (2003). Mathematics anxiety and mathematics achievement. Mathematics Education Research Journal, 15(2), 138-150.

Yahaya, A., Ramli, J., Hashim, S., Ibrahim, A., Zakaria, Z. (2009). The relationship between school, class and co-curriculum absenteeism on the academic performance of selected secondary school. Journal of Social Sciences, 5, 355-361.