Gambaran Pengasuhan Anak pada Keluarga Urban yang Tinggal di Wilayah RPTRA Anggrek Bintaro, Jakarta Selatan

Main Article Content

Supriyanto Supriyanto
Gita Widya Laksmini Soerjoatmodjo
Teguh Prasetio

Abstract

Keluarga yang tinggal di lingkungan kota (urban family) menghadapi berbagai tantangan, sekaligus mempunyai berbagai peluang dalam mengasuh dan mendidik anak. Pengasuhan merupakan proses kompleks di mana karakteristik unik orang tua dan anak serta lingkungan di mana mereka berinteraksi akan mempengaruhi satu sama lain. Penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan gambaran mengenai aktivitas pengasuhan anak pada keluarga urban yang tinggal di sekitar Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek, kelurahan Bintaro, kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang melibatkan 26 partisipan (13 ayah dan 13 ibu) serta 5 orang staf pengelola RPTRA Anggrek Bintaro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan yang cukup lebar antara keterampilan, kemampuan orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak, pola asuh yang diterapkan di rumah, aspirasi/harapan ideal orang tua terhadap anak, tantangan dan hambatan yang dihadapi orang tua serta sumber daya dan kapasitas yang dimiliki keluarga dalam proses mengasuh dan mendidik anak. Dalam situasi tersebut, responden penelitian (orang tua) yang berdomisili di sekitar wilayah RPTRA Anggrek Bintaro mengakses, memanfaatkan dan menggunakan fasilitas yang tersedia dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di RPTRA Anggrek, Bintaro. Pemanfaatan RPTRA Anggrek sangat beragam untuk mendidik dan mengasuh anak, mulai untuk kegiatan rekreasional, olahraga, hiburan, sosialisasi/interaksi antar warga, edukasi, pertunjukan kesenian, pelatihan vokasional, pendidikan anak, pengasuhan anak, sampai untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Kata kunci: Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Pengasuhan, Psikologi Perkotaan

Article Details

Section
Articles

References

American Psychology Association. (2000). Report of the APA Task Force on Urban Psychology Toward an Urban Psychology: Research, Action and Policy. Diakses dari https://www.apa.org/pi/ses/resources/publications/urban-taskforce.pdf.

Astriamitha. (2012). Hubungan antara parenting stress dan parenting self-efficacy pada ibu yang memiliki anak dengan tunagrahita taraf ringan dan sedang usia kanak-kanak madya. Skripsi. Universitas Indonesia: Depok.

Crosbie-Burnett, M. & Klein, D.M. (2013). The fascinating story of family theories, dalam Bray, J.H., Stanton, M. The Wiley-Blackwell Handbook of Family Psychology. Hoboken, New Jersey: Oxford.

Finley, G., Mira, S.D & Schwartz, S. (2008). Perceived paternal and maternal involvement: factor structures, mean differences, and parental roles. Fathering, 6 (1), 62-82.

Flyvbjerg, B. (2011). Case study, dalam Denzin, N.K & Lincoln, Y.S. (eds) The SAGE Handbook of Qualitative Research (4th ed.). London: SAGE Publication.

Gilgun, J.F. (2013). Qualitative family research: enduring themes and contemporary variations dalam Peterson, G.W. & Bush, K.R. (editor) Handbook of Marriage and the Family 3rd edition. New York, N.Y.: Spinger Science Business Media.

Gilgun, J.F. (2005). Qualitative research and family psychology. Journal of Family Psychology, 19, (1), 40-50.

Han, Y.S. dan Jun, W.P. (2013). Parental involvement in child’s development: father vs. mother. Open Journal of Medical Psychology, (2), 1-6.

Mengenal lebih jauh RPTRA, taman multifungsi di sudut-sudut ibu kota. (2015, 25 Juni). Detik News. Diunduh dari https://news.detik.com.

Peter, J.P. & Olson, J.C. (2010). Consumer behavior and marketing strategy (9th. Ed). New York, N.Y.: McGraw-Hill International Edition.

Santrock, J.W. (2011) Life-span development (13th Ed.). New York, NY: McGraw-Hill.

Spera, C. (2005). A review of the relationship among parenting practices, parenting styles, and

adolescent school achievement. Educational Psychology Review, 17 (2), 125-146.