INTERVENSI SELF-REGULATION EMPOWERMENT PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI MAHASISWA NON REGULER DI JURUSAN X UNIVERSITAS X

Budi Sulaeman, Riana Sahrani, Sesilia Monika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada mahasiswa non reguler melalui SelfRegulation Empowerment Program (SREP). Subyek penelitian ini adalah 16 mahasiswa non reguler dari Jurusan X, Universitas X yang sedang menempuh jenjang semester 3. Subyek terbagi dalam dua kelompok yakni 8 mahasiswa pada kelompok eksperimen dan 8 mahasiswa lainnya pada kelompok kontrol dengan jumlah 6 perempuan dan 2 laki-laki pada masing-masing kelompok. Desain pada penelitian ini yakni kuasi eksperimen dengan desain pre-test-post-test non equivalent control group. Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan alat ukur motivasi berprestasi yang dikembangkan berdasarkan teori McClelland
mengenai ciri-ciri individu yang mempunyai motivasi berprestasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji beda 2 kelompok dengan kriteria statistik non parametrik yakni Mann-Whitney. Perhitungan dilakukan dengan membandingkan hasil data post-test motivasi berprestasi kelompok kontrol dan eksperimen. Berdasarkan perhitungan uji beda, didapatkan skor sig (2-tailed) sebesar 0,027 < 0,05. Hal ini menjelaskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya intervensi Self-Regulation Empowerment Program dapat meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa non reguler Jurusan X, Universitas X.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.