YOUTUBE, CITRA MEDIA INFORMASI INTERAKTIF ATAU MEDIA PENYAMPAIAN ASPIRASI PRIBADI

Main Article Content

Edy Chandra

Abstract

Perkembangan internet berkembang dengan pesat sesuai dengan pertumbuhan perkembangan situasi sosial yang ada. Media sosial telah menjadi salah satu varian internet yang juga berkembang dengan pesat. Salah satu bentuknya adalah Situs Video YouTube. Walau dalam perkembangannya Situs Video YouTube tidak lagi hanya digunakan lagi sebagai media untuk mengunggah dan membagikan video-video pribadi kepada rekan-rekan terdekat saja, tetapi lebih dari itu. Dilihat dari pemikiran teori interculutural adaptation yang mengatakan bahwa saat ini Bangsa Indonesia telah masuk dalam tahap adaptation terhadap penggunaan berbagai media sosial termasuk Situs Video YouTube. Melalui para pengguna Situs Video YouTube yaitu seorang Presiden hingga para kaum millennial. Melalui pengumpulan informasi sumber-sumber yang ada dan mengolahnya kepada bentuk sebuah analisis konten materi Video, telah dihasilkan berbagai gambaran bagaimana Situs Video YouTube secara spesifik digunakan oleh para penggunanya sesuai dengan tujuan dan seleranya. Beberapa gambaran kemungkinan terhadap penggunaan Situs Video YouTube dapat dijelaskan lebih lanjut dan rinci.

Article Details

Section
Articles

References

Kaplan, A M.; Michael H. (2010).Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, USA. 56-88

Iman, N. (2016). Post-truth dan Medsos di Indonesia. Republika. Jakarta.

Sawyer, R. (2011). The Impact of New Social Media on Intercultural Adaptation. Thesis of University of Rhone Island USA. Online (http://digitalcommons.uri.edu/srhonorsprog/242/).

Cayari, C. (2011). The Youtube Effect: How YouTube Has Provided New ways to Consume, Create, and Share Music. International Journal of Education & The Arts, 12(6). Online : http://www.ijea.org/v12n6/.

Chandra, E (2010). Budaya Populer dan Simulasi Realita Kaum millennial Jakarta Dalam Penggunaan Situs Video YouTube (Studi Kasus Unggah Video Gamaliel-Audrey dan Sinta-Jojo). Tesis. Universitas Mercubuana Jakarta.

Chen, G.M., & Strarosta, W.J. (2005). Foundations of Intercultural Communication. Lanham, MD: University Press of Amerika.

Dahl, S. (2015). Social Media Marketing. Theory & Applications. Sage Publication. Singapore

Hamid, M.A., Ishak, M.S., & Yazam, S. (2015). Facebook, YouTube and Instagram: Exploring Their Effects on Undergraduate Students Personality Traits. Journal of SCIMPA University Utara Malaysia, 4(20). 138-165.

Lange, P.G (2008). Publicly Private and Privately Public: Social Networking on YouTube. Journal of Computer-Mediated Communication. 13(1). 361-380.

Rakhmat,J. (2001) Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung