PRAKTEK MANAJEMEN INOVASI DI S1 MANAJEMEN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Main Article Content

Richard Andrew
Verena Sandra Esmeralda
Roy Willis
Angelica Sunjaya

Abstract

Inovasi yang berkelanjutan di universitas seperti pada di berbagai macam jenis institusi lain di bidang pendidikan tinggi mutlak harus dilakukan agar tetap dapat bertahan dalam kerasnya persaingan di dunia pendidikan tinggi.  Akan tetapi, hanya sedikit pimpinan perguruan tinggi yang memiliki kesadaran untuk senantiasa berinovasi.  Oleh sebab itu, tim penulis melakukan penelitian secara intensif untuk mendeskripsikan berbagai inovasi yang telah diterapkan dan akan dilakukan oleh jurusan Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi di Universitas Tarumanagara.  Adapun metode yang digunakan dalam riset ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pertanyaan wawancara semi terstruktur kepada pimpinan jurusan Manajemen Bisnis.  Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi inovasi yang digunakan sudah berjalan dengan baik dan senantiasa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.  Namun, untuk mendapatkan hasil ini tentunya tidak mudah dan banyak kendala yang harus diatasi satu per satu.  Tentunya inovasi ini masih perlu pembenahan ke depan agar dapat bersaing tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat global khususnya di kawasan Asia Tenggara sesuai dengan visi Universitas Tarumanagara itu sendiri.  Hasil ini kemudian dapat dijadikan acuan untuk jurusan S1 Manajemen Bisnis di perguruan tinggi lain untuk berkembang sesuai dengan harapan dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.  Dari penelitian ini, tim penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa praktek manajemen inovasi juga ada di jurusan S1 Manajemen Bisnis Universitas Tarumanagara.

Kata kunci: Manajemen, Inovasi dan Pendidikan Tinggi

Article Details

Section
Articles

References

Aas, T. H. & Pedersen, P. E. (2010). The firm-level effects of service innovation: A literature review. International Journal of Innovation Management, 14(5), 759-794.

Carnegie, R. & Butlin, M. (1993). Managing the Innovating Enterprise: Australian Companies Competing with World’s Best. Business Council of Australia, Melbourne.

Den Hertog, P., Gallouj, F & Segers, J. (2011). Measuring innovation in a 'low-tech' service industry: the case of the Dutch hospitality industry. Service Industries Journal, 31(9), 1429-1449.

Droege, H., Hildebrand, D. & Forcada, M. A. H. (2009). Innovation in services: present findings, and future pathways. Journal of Service Management, 20(2), 131-55.

Gallouj, F. & Weinstein, O. (1997). Innovation in services. Research Policy, 26, 537-556.

Gloet, M., & Terziovski, M. (2004). Exploring the relationship between knowledge management practices and innovation performance. Journal of Manufacturing Technology Management, 15(5), 402-409.

Howells, J., Ramlogan, R., & Cheng, S. L. (2012). Innovation and university collaboration: paradox and complexity within the knowledge economy. Cambridge Journal of Economics, 36(3), 703-721.

Johnson, P. & Harris, D. (2003). Qualitative and Quantitative Issues in Research Design. Sage Publications, London.

Perkmann, M. & Walsh, K. (2007). University–industry relationships and open innovation: Towards a research agenda. International Journal of Management Reviews, 9(4), 259-280.

Sugiyono, M. P. A., (2005). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

White, S. C., & Glickman, T. S. (2007). Innovation in higher education: Implications for the future. New Directions for Higher Education, 137, 97-105.

Yin, R. K. (2003). Case Study Research-Design and Methods 3rd ed of Thousand Oaks. Sage Publications, London.

Zomerdijk, L. G. & Voss, C. A. (2011). NSD Processes and Practices in Experiential Services. Journal of Product Innovation Management, 28, 63–80.