PRAKTEK MANAJEMEN INOVASI DI S1 MANAJEMEN BISNIS FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Richard Andrew, Verena Sandra Esmeralda, Roy Willis, Angelica Sunjaya

Abstract


Inovasi yang berkelanjutan di universitas seperti pada di berbagai macam jenis institusi lain di bidang pendidikan tinggi mutlak harus dilakukan agar tetap dapat bertahan dalam kerasnya persaingan di dunia pendidikan tinggi.  Akan tetapi, hanya sedikit pimpinan perguruan tinggi yang memiliki kesadaran untuk senantiasa berinovasi.  Oleh sebab itu, tim penulis melakukan penelitian secara intensif untuk mendeskripsikan berbagai inovasi yang telah diterapkan dan akan dilakukan oleh jurusan Manajemen Bisnis, Fakultas Ekonomi di Universitas Tarumanagara.  Adapun metode yang digunakan dalam riset ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pertanyaan wawancara semi terstruktur kepada pimpinan jurusan Manajemen Bisnis.  Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi inovasi yang digunakan sudah berjalan dengan baik dan senantiasa berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.  Namun, untuk mendapatkan hasil ini tentunya tidak mudah dan banyak kendala yang harus diatasi satu per satu.  Tentunya inovasi ini masih perlu pembenahan ke depan agar dapat bersaing tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga di tingkat global khususnya di kawasan Asia Tenggara sesuai dengan visi Universitas Tarumanagara itu sendiri.  Hasil ini kemudian dapat dijadikan acuan untuk jurusan S1 Manajemen Bisnis di perguruan tinggi lain untuk berkembang sesuai dengan harapan dari Kementrian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.  Dari penelitian ini, tim penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa praktek manajemen inovasi juga ada di jurusan S1 Manajemen Bisnis Universitas Tarumanagara.

Kata kunci: Manajemen, Inovasi dan Pendidikan Tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.