MODAL INTELEKTUAL SEBAGAI SUMBER KEUNGGULAN BERSAING BERBASIS NILAI (CARBV) (STUDI PADA PROGRAM STUDI PERGURUAN TINGGI NEGERI DI BANDUNG JAWA BARAT)

Joeliaty Joeliaty

Abstract


Salah satu lembaga pendidikan tinggi yang secara formal diserahi tugas dan tanggung jawab mempersiapkan mahasiswa sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah Perguruan Tnggi Negeri. Program Studi adalah bentuk produk pendidikan yang ditawarkan   di Perguruan Tinggi, karena itu program studilah yang menentukan mutu pendidikan. Kenyataannya mutu pendidikan program studi beragam. Karena itu setiap program studi harus berusaha mengelola programnya secara tepat guna mencapai keungulan bersaing.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu kajian tentang  modal intelektual sebagai sumber  keunggulan bersaing program studi sarjana Perguruan Tinggi Negeri di Bandung.Penelitian ini dilakukan dengan  metode deskriptif dan verifikatif, melalui survey  yang melibatkan  55 sampel .Data diperoleh dari hasil observasi,penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis pengolahan datanya menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan software Visual PLS dan XLStat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendayagunaan modal intelektual secara optimal tergantung  dari sejauhmana program studi mampu mengelola modal relasinya.Aspek yang paling menentukan keunggulan bersaing  adalah  sumber daya manusia (human capital )yang memiliki keahlian,pengetahuan dan kemampuan untuk menjalankan tugas yang tidak sama (rare) dengan yang disediakan oleh pesaing. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa modal intelektual berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing.Yang berarti bahwa modal intelektual dapat menjadi sumber keunggulan bersaing pada pogram studi.

Kata kunci: Modal Intelektual, Keunggulan Bersaing dan Program Studi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.