INTEGRASI METODE IPA DAN MODEL KANO DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN

Main Article Content

Anita Indrasari

Abstract

Perpustakaan memegang peran penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Perpustakaan dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunanya yang selalu meningkat. Penelitian ini menggunakan model integrasi IPA-Kano untuk mengukur kondisi kinerja pelayanan perpustakaan sekaligus mengidentifikasi atribut-atribut pelayanan yang harus diprioritaskan demi pengembangan kualitas pelayanan perpustakaan. Variabel penelitian yang digunakan mengadopsi dimensi yang ada pada LibQual+TM dan diturunkan menjadi 26 indikator/atribut pelayanan. Data dikumpulkan dari kuesioner yang disebar secara acak pada 100 orang pengunjung perpustakaan. Dari hasil pengolahan data menggunakan IPA-Kano model, diperoleh atribut pelayanan di perpustakaan USB yang perlu mendapat prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu atribut: AI1(Kelengkapan koleksi buku), AI3(Kelengkapan koleksi jurnal dan majalah), AI8 (Kemudahan akses internet di perpustakaan), PC3 (Penataan buku di rak yang memudahkan pengguna dalam mencari materi), AI2 (Kelengkapan koleksi karya ilmiah).

Kata Kunci: IPA, Kano, LibQual+TM, kualitas, perpustakaan

Article Details

Section
Articles