PERANCANGAN TATA LETAK MI INSTAN DI TOKO AMUK DENGAN MEMPERTIMBANGKAN SISTEM PERSEDIAAN

Main Article Content

Jimmy Chandra
Theresia Sunarni

Abstract

Dalam dunia industri saat ini terdapat beberapa komponen yang sangat penting untuk digunakan dalam suatu perusahaan. Toko Amuk merupakan suatu perusahaan perseorangan yang menjual bahan-bahan sembako. Dalam pemesanannya pemilik memesan berdasarkan intuisi menyebabkan toko ini sering mengalami kehabisan stock (stockout) ataupun kelebihan stock (overstock). Metode yang digunakan adalah metode (s,S) Policy dan Metode ABC. Metode (s,S) Policy diterapkan pada sistem persediaan dengan menentukan jumlah persediaan barang dagang maksimum dan jumlah persediaan barang dagang minimum. Metode ABC diterapkan pada sistem tata letak di gudang, metode ini mempertimbangkan frekuensi perputaran pada setiap barang saat peletakan barang dagang didalam rak yaitu fast moving, medium moving, dan low moving. Berdasarkan hasil implementasi pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penentuan order quantity bersifat konstan, mengartikan bahwa dalam 4 periode kedepan pemesanan dilakukan dengan jumlah yang sama. Usulan yang diberikan dalam tata letak dengan metode ABC mengalami perubahan pada kelima rak tersebut, dengan simulasi usulan tersebut diharapkan pemilik dapat mempertimbangkan untuk dapat mengimplementasikan hasil usulan agar Toko Amuk dapat terus berkembang dalam usahanya.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Jimmy Chandra, Universitas Khatolik Musi Charitas

Teknik Industri Universitas Katolik Musi Charitas

Theresia Sunarni, Universitas Khatolik Musi Charitas

Teknik Industri Universitas Katolik Musi Charitas

References

Tanoto, Kezia Anggun. 2013. Penataan Ulang Gudang Benang dan Gudang Kain (Studi Kasus di PT. Kusuma Sandang Mekarjaya Yogyakarta). Jurusan Teknik Industri. Universitas Atma Jaya Jogjakarta.

Kurniawan, Ivan. 2014. Perbaikan Tata Letak Gudang Pada PR Sukun Sigaret Menggunakan Shared Storage. Jurusan Teknik Industri. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Irdayanti, Ike. 2007. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) Pada PT. Tipota Furnishings Jepara. Jurusan Akuntansi. Universitas Negri Semarang.

Samuelson. 2001. Ilmu Mikro Ekonomi. Edisi 17. PT. Media Global Edukasi. Jakarta.

Salvatore, Dominick., Krugman. 2006. yang diterjemahkan oleh Munandar Harris, Ekonomi Internasional. Edisi ke 5. PT Gelora Aksara Pratama. Bandung.

Silver, E.A. & Peterson, R., 1985, Decision Systems For Inventory Management and Production Planning, second edition, John Wiley & Sons, New York.

Budiono, C.. 2009. Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang (Studi Kasus di Toko Setia). Skripsi. Program Studi Teknik Industri. Fakultas Teknologi Industri. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Noverlina. 2017. Perancangan Ulang Tata Letak Produk Dengan Metode Class-Based Dan Randomized Storage. Jurusan Teknik Industri. Universitas Katolik Musi Charitas Palembang.

Partovi, F. Y., & Anandarajan, M. 2002. Classifying Inventory Using an Artificial Neural Network Approach. Computers & Industrial Engineering 41 , p. 389-404.