ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS KEMASAN GLUKOSA DENGAN PETA KENDALI P DI PT. BUDI STARCH & SWEETENER TBK.LAMPUNG TENGAH

Main Article Content

Emy Khikmawati
Heri Wibowo
Irwansyah Irwansyah

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam program kualitas yang baik, yang akan secara efektif mengeliminasi pemborosan dan meningkatkan kemampuan bersaing perusahaan, harus diwujudkan. Untuk itu dilakukan penelitian yang bertujuan menganalisis bagaimana pelaksanaan pengendalian kualitas kemasan glukosa dengan metode SQC (Statistical Quality Control) dan menemukan penyebab terjadinya cacat produk Glukosa dengan kemasan jerigen 20 liter proses sacharification, decolorization, deionization dan evaporation. Metode menggunakan alat bantu statistik berupa check sheet, histogram, peta kendali p, diagram Pareto dan diagram sebeb-akibat.. Hasil analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak terkendali atau  masih mengalami penyimpangan. Prioritas perbaikan yang perlu dilakukan untuk menekan jumlah cacat dapat dilakukan pada 2 jenis kerusakan yang dominan yaitu kerusakan kemasan tutup (43,75%) dan volume (40,34%). Faktor-faktor yang mempengaruhi kerusakan produk adalah mesin, metode, lingkungan. Sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan kerusakan.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Emy Khikmawati, Universitas Malahayati

Program Studi Teknik Industri Universitas Malahayati

Heri Wibowo, Universitas Malahayati

Program Studi Teknik Industri Universitas Malahayati

Irwansyah Irwansyah, Universitas Malahayati

Program Studi Teknik Industri Universitas Malahayati

References

Ahyari, Agus. 2000. Manajemen Produksi. BPFEUGM. Yogyakarta

Yamit, Zulian. 2013. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Ekosinia. Jakarta.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. LPFE – UI. Edisi Revisi. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung

Muhammad, S.H.E,2017. Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) untuk meminimumkan produk gagal pada toko roti Barokah Bakery. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi WIGA, Vol.7, Hal 15-22

Russell, Roberta & Taylor, Bernard W. 2006. Operations Management. 5th Edition. John Wiley & Sons.