PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK SISWA SMA SAINT JOHN’S CATHOLIC SCHOOL MERUYA MELALUI PENINGKATAN PEMAHAMAN IDENTIFIKASI IDE BISNIS

Main Article Content

Frangky Selamat
Hetty Karunia Tunjungsari

Abstract

Kegiatan pengembangan Kewirausahaan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMA mengenai proses identifikasi ide bisnis, perumusan konsep bisnis dan penyusunan rencana bisnis yang dapat diaplikasikan secara mudah dan sederhana. Sebagian siswa SMA menganggap bahwa kewirausahaan identik dengan berjualan dan sekadar membuka usaha saja. Pemahaman yang lebih komprehensif diperlukan sehingga kewirausahaan akan memiliki nilai yang lebih aplikatif untuk kehidupan bermasyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pemaparan singkat yang diikuti dengan diskusi yang melibatkan interaksi dengan peserta mengenai proses identifikasi ide bisnis dan penyusunan rencana bisnis. Selain memberikan uraian secara konseptual mengenai proses identifikasi ide bisnis, tim PKM juga akan mengajak siswa untuk mempraktikkan cara-cara menangkap peluang bisnis yang ada di sekitar mereka. Peluang bisnis dapat diterjemahkan ke dalam ide bisnis yang dapat menjadi bekal siswa untuk mengimplementasikan Kewirausahaan dalam arti yang sesungguhnya

Article Details

How to Cite
Selamat, F., & Tunjungsari, H. K. (2019). PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK SISWA SMA SAINT JOHN’S CATHOLIC SCHOOL MERUYA MELALUI PENINGKATAN PEMAHAMAN IDENTIFIKASI IDE BISNIS. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i1.4313
Section
Articles

References

Acs, Z.J., Arenius, P., Hay, M & Minniti, M.( 2004). Global Entrepreneurship Monitor. London

UK and Babson Park, MA: London Business School and Babson College.

Allen, K.R. (2012). New Venture Creation, 6th Edition, International Edition, South-Western:

Cengage Learning.

Dondeti, V.R. & Mohanty, B.B. (2007). Impact of Foreign Direct Investment on the Gross

Domestic Product, Exports and Imports of Four Asian Countries. A Panel Data Analysis.

Delhi Business Review, Vol 8, No. 1 (January-June).

Grancia, G. & Ziliboti, F. (2005). Handbook of Economic Growth. Volume 1A. Edited by Philippe

Aghion and Steven N. Durlauf. Elsevier B.V.

Hisrich, R.D., Peters, M.P., Sheperd, D.A. (2008). Entrepreneurship, 7th Edition, New York:

Mc.Graw-Hill

Hsiao, C. & Shen. (2003). “Foreign Direct Investment and Economic Growth: The Importance of

Institutions and Urbanization”. Economic Development and Cultural Change, Vol. 51, No

, pp. 83-896.

Izard (2006). Opportunity Analysis, Business Ideas: Identification and Evaluation, Kansas:

Acheve.

Zimmerer, T.W., Scarborough, N.M., & Wilson, D. (2008). Essentials of Entrepreneurship and

Small Business Management, 5th ed., New Jersey: Pearson/Prentice Hall.